10 Manfaat Kangkung Bahari Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Herbal

Kangkung bahari atau katang katang merupakan flora menjalar di tempat pantai berpasir yang dikenal sebagai flora obat berjulukan tapak kuda. Di beberapa tempat lainnya, flora kangkung bahari juga dikenal dengan nama katang katang, mari mari, batata pantai, watata ruruan, dolodoi serta beach morning glory yang sudah dipakai semenjak usang dalam mengatasi beberapa jenis penyakit.

Kangkung bahari tumbuh dengan liar di tempat pantai atau tanah berbatu mengandung pasir dengan ciri flora berbatang berair serta licin dan berwarna hijau agak coklat. Sedangkan kepingan daunnya tunggal menyebar pada tangkai dan jikalau dipatahkan akan keluar getah berwarna putih serta bunga indah berwarna ungu yang bentuknya terlihat ibarat terompet. Berikut ini ialah ulasan selengkapnya mengenai manfaat kangkung bahari untuk kesehatan dan aneka macam penyakit.

Manfaat Kangkung Bahari
Manfaat Kangkung Bahari
    1. Mengatasi Nyeri Sendi dan Pegal

Dalam flora kangkung bahari mengandung antinociceptive yang akan bekerja ibarat hidroalkoholik yakni bisa untuk mengatasi rasa sakit sehingga sering dipakai untuk obat luar mengatasi nyeri pada persendian atau pegal otot. Cara penggunaannya ialah dengan menghaluskan daun kangkung bahari segar kemudian terapkan pada kepingan badan yang sakit dan diamkan beberapa saat. Ganti beberapa kali dalam sehari.

    1. Mengatasi Haemorrhoid

Haemorrhoid atau pendarahan wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah yang membesar di sekitar area bokong dengan tanda-tanda timbulnya darah, pembengkakan dan juga rasa sakit. Cuci 60 gram flora kangkung bahari kemudian potong potong dan tambahkan dengan 360 gram usus sapi kemudian diolah menjadi tim. Minum air rebusan ini dan usus sapi dikonsumsi.

    1. Menyembuhkan Gusi Bengkak

Gusi bisul akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman dan termasuk gangguan ekspresi ringan. Umumnya, gusi bisul akan mengeluarkan darah ketika menggosok gigi atau tersentuh. Untuk mengatasi gusi bisul dengan gampang ialah berkumur air rebusan flora kangkung bahari secara rutin setiap hari hingga gusi bisul bisa sembuh total.

    1. Mengatasi Sakit Gigi

 

 

Sakit gigi disebabkan lantaran problem pada gigi dan juga rahang ibarat gingivitis, karies gigi, gigi berlubang dan aneka macam penyebab lainnya. Untuk mengatasi sakit gigi bisa dilakukan dengan merebus 30 gram akar kangkung bahari bersama dengan air dan sehabis cuek eksklusif minum hingga habis.

 

 

    1. Menyembuhkan Eksim atau Bisul

 

 

Untuk menyembuhkan eksim, bisul atau problem gatal pada kulit lainnya, silahkan haluskan daun kangkung segar kemudian balurkan pada eksim atau bisul kemudian balut dengan kain dan jikalau sudah kering bisa diganti sebanyak 2 kali dalam sehari hingga sembuh total. Cara lainnya ialah dengan merebus daun kangkung bahari kemudian gunakan airnya untuk mencuci bisul atau eksim pada kulit.

 

 

    1. Meluruhkan Saluran Kemih

 

 

Batu kandung kemih atau bladder calculi merupakan watu yang terbentuk lantaran endapan mineral di dalam kandung kemih dengan ukuran yang beragam. Saat ini terjadi, maka akan mengakibatkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Kangkung bahari juga mempunyai sifat diuretik yang ampuh untuk melancarkan atau meluruhkan susukan kemih.

 

 

    1. Mengatasi Gangguan Ginjal

 

 

Saat badan mengalami gangguan ginjal, maka sisa metabolisme badan dan juga cairan berlebih akan tertimbun di dalam badan yang menciptakan area pergelangan kaki mengalami pembengkakan, muntah, lemas, sesak napas dan juga insomnia. Untuk mengatasi gangguan ginjal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan daun kangkung bahari secara rutin.

    1. Rheumatik

 

 

Daun kangkung bahari yang mempunyai rasa pahit agak pedas serta hangat ini sangat baik dipakai untuk menyembuhkan rheumatik. Rebus 45 gram daun kangkung bahari bersama dengan arak ketan dan air menggunakan perbandingan yang sama banyak kemudian dinginkan dan minum.

 

 

    1. Mengatasi Keracunan Ikan

 

 

Tidak hanya kepingan daun yang berkhasiat, namun batang kangkung bahari juga bisa dipakai untuk mengatasi keracunan ikan. Caranya ialah dengan menghaluskan beberapa tangkai batang kangkung bahari hingga halus kemudian peras sarinya sebanyak setengah cangkir dan minum hingga habis.

 

 

    1. Mengatasi Masalah Payudara Ibu Menyusui

 

 

Daun kangkung bahari juga bisa dipakai bagi ibu menyusui yang mempunyai problem payudara mengeras dan tidak mengeluarkan ASI. Caranya ialah dengan menghaluskan daun kangkung bahari kemudian campur dengan santan secukupnya dan panaskan diatas api. Sesudah agak hangat, oleskan ramuan ini pada area payudara secara lembut sehingga ASI bisa keluar dengan lancar.

Demikian ulasan dari kami mengenai manfaat kangkung bahari sebagai solusi herbal mengatasi aneka macam penyakit yang bisa anda gunakan. Ikuti tawaran pemakaian sehingga penyakit yang anda derita bisa sembuh tanpa mengakibatkan efek samping berbahaya.

 

You May Also Like

About the Author: Joko